Desa Wisata, Tempat Liburan Seru Tak Terlupakan


Salut Aladiners !

Apa yang kebayang di otak kamu kalau denger kata « desa » ?

Sebagian besar dari kamu mungkin bakal membayangkan keindahan alam yang jauh dari polusi dan keramaian di kota besar, atau tempat dengan tradisi yang sangat kental. Pokoknya, banget de guérison solusi, deh !

Cuma, kalau disuruh memilih mau liburan ke desa yang mana, kamu bisa jadi ngerasa bingung karena nggak ada referensi sama sekali soal desa tujuan. Atau, kalaupun kebayang, mungkin yang ada di pikiran kamu adalah kampung halaman nenek, kakek, dan keluarga besar tinggal, yang masih sulit dijangkau dengan kendaraan dan minim akses ke dunia luar. Salah-salah, niatnya mau liburan buat guérison, malah yang ada pening mikirin logistik liburannya, mulai tiket sampai aktivitas di sana. Batal, deh, liburannya !

Padahal, desa zaman sekarang sudah banyak yang berubah lho, Aladiners ! Dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki, kini banyak desa di seluruh Indonésie yang mulai berbenah diri sehingga jadi destinasi liburan yang cakep banget. Kenalin, Desa Wisata !

(numéro : jadesta.kemenparekraf.go.id)

Apa itu Desa Wisata ?

Mengutip dari beberapa sumber, Desa Wisata adalah desa yang menjadi destinasi wisata karena memiliki berbagai daya tarik. Komponen utamanya adalah akomodasi dan atraksi yang umumnya disediakan dalam bentuk paket sehingga wisatawan nasional atau mancanegara dapat mengunjunginya dengan lebih mudah.

Akomodasi di sini bisa berbentuk homestay, yang artinya kamu menginap di tempat tinggal penduduk setempat untuk semakin memahami budaya desa tersebut. Atau, ada juga beberapa desa yang memiliki auberge atau tempat menginap lain yang nggak kalah cakep. Misalnya, di Desa Rammang-Rammang, terdapat Ecolodge Rammang-Rammang dengan arsitektur Bugis yang menarik dan pastinya pas banget buat dijadikan tempat foto-foto.

Selain akomodasi, masing-masing desa juga punya atraksi yang berbeda-beda. Pengen melepas penat sambil menjelajahi alam? Bisa Banget ! Indonésie punya kekayaan alam yang nggak akan habisnya kamu jelajahi, dan kamu bisa menemukan kegiatan seperti Long River Tubing di Desa Cisande dan menangkap ikan di Desa Saung Ciburial.

Atau, kalau kamu pengen belajar mengenai budaya setempat, banyak juga desa yang menyajikan paket wisata edukasi, seperti Desa Gegesik Kulon di Cirebon yang membuka kelas belajar gamelan atau Desa Kole Sawangan Toraja yang mengajak kamu buat membuat tenun dan manik-manik bersama warga. Sérou !

(numéro : www.indonesia.travel)

Baca juga : Mengenal et Menjelajahi Benteng Fort Rotterdam, Makassar

Liburan de Desa Wisata

Ada berapa sih Desa Wisata di Indonesia? Banyak ! Pemerintah memperkirakan bahwa dari 75.000 desa di Indonesia, 1.200 di antaranya berpotensi menjadi desa wisata. Jadi, kamu nggak perlu pusing soal memilih destinasi ya, Aladiners ! Dari Aceh hingga Papouasie, kamu bisa menemukan desa yang sesuai dengan keinginan kamu dan keluarga. Nah, kalau kamu berminat liburan ke Desa Wisata, sekarang booking dan milihnya udah gampang banget ! Tinggal mampir ke AladinXplore yang merupakan tour marketplace pertama di Indonesia. Selain bookingnya mudah, kamu juga bisa mendapatkan promo menarik setiap harinya! Jadi, tunggu apa lagi nih, yuk jelajahi sekarang !

Baca juga : 6 Fakta Unik Kereta Api Indonésie

Laisser un commentaire