5 Activitas Seru di Desa Wisata, Mulai Kuliner Sampai Budaya


  1. Wisata Alam

(numéro : kompas.com)

Tentu saja, hal pertama yang bisa kamu lakukan di Desa Wisata adalah menikmati keindahan alam sekitar. Mulai aktivitas santai seperti gowes keliling desa sampai yang lebih ekstrem seperti naik gunung atau rafting di sungai, semuanya ada ! Misalnya, di Desa Candirejo, pemandu wisata bakal ngajak kamu bersepeda keliling desa dan belajar gamelan principal di pendopo. Atau, buat kamu yang hobi menyusuri sungai, kamu bisa mampir ke Desa Buluh Duri untuk rafting di Sungai Buluh Duri.

  1. Wisata Budaya

(numéro : jadesta.kemenparekraf.go.id)

Wisata sambil belajar, emangnya bisa ? Apa nggak bikin bosen ? Oh, tentu saja bisa, dan sama sekali nggak bikin bosen ! Dengan mampir ke Desa Wisata, kamu bisa berwisata sambil belajar mengenai budaya masyarakat di sana. Misalnya, saat kamu mampir ke Desa Osing, Banyuwangi, kamu bakal diajak mengunjungi rumah adat, mampir ke Taman Gandrung Terakota, hingga belajar proses pembuatan kopi tradisional Kemiren. Padat merayap, ya, aktivitasnya, tapi seru !

  1. Wisata Kuliner

(numéro : mediaindonesia.com)

Ngaku pecinta kuliner sejati ? Eits, artinya kamu wajib banget mampir ke Desa Wisata ! Selain bisa mencicipi masakan asli suatu daerah yang jarang bisa ditemukan di luar daerah tersebut, sering kali kamu juga bakal diajak buat memasak atau ikut serta dalam proses pembuatannya. Saat belajar memasak ini, kamu akan sekaligus mempelajari makna di balik setiap hidangan. Coba deh, mampir ke Desa Huta Tinggi, Sumatra Utara ! Di sana, kamu bisa memerah susu kerbau dan menikmati susu kerbau segar, dan ngobrol-ngobrol mengenai pengolahan susu kerbau dengan masyarakat sekitar. Selain memanjakan lidah, kamu juga bisa belajar banyak !

  1. Wisata Seni

(numéro : infobdg.com)

Seni adalah bagian dari budaya yang nggak bisa dilepaskan. Buat kamu yang hobi bikin kerajinan tangan atau benda seni lainnya, kunjungan ke Desa Wisata bisa jadi liburan yang pas buat melepas penat. Di Desa Ciburial, Jawa Barat, kamu bisa menguji keterampilan tanganmu dalam menghias dudukuy cetok, atau topi berbentuk segitiga yang biasa digunakan oleh petani saat menggarap ladang. Hasil kreasimu bisa dibawa pulang buat dipamerkan kepada teman dan keluarga, lho !

  1. Wisata Belanja

(numéro : travellingyuk.com)

Hobi ngoleksi batik, tenun, ikat, atau kain lain traditionnel? Atau mungkin hobi ngumpulin cinderamata dari seluruh Indonésie buat dipajang di rumah? Mampir aja ke Desa Wisata ! Sebagian besar desa menjual hasil karya masyarakat sekitar dalam berbagai bentuk, mulai makanan dan minuman khas, gantungan kunci, perhiasan, hingga kain. Dengan membeli hasil karya warga sekitar, kamu juga turut menjadi pahlawan devisa, lho !

Gimana, seru banget kan hal-hal yang bisa kamu lakukan di Desa Wisata ? Jadi, nggak perlu mikir panjang lagi, cus mampir ke AladinXplore buat milih destinasi dan booking biar dapet harga terbaik setiap harinya!

Baca juga : 10 Musée Terbaik di Bali, Bisa Lihat Gunung et Danau Batur

Laisser un commentaire